Jumat, 31 Desember 2010

RPP 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model : Contextual Teaching and Learning (CTL)
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
(Steven &Slavin 1995)

Materi Pelajaran       : Geografi
Kelas / Semester       : X / Ganjil
Pertemuan                : 1
Alokasi Waktu         : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi ( Standar Competence)
Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya dengan memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi.

Kompetensi Dasar ( BASIC COMPETENCE)
Menjelaskan konsep geografi

Indikator     :                                                                                                                                                                                                           Menerapkan konsep geografi dalam kajian geografi  pada dunia nyata dan mendorong pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan kehidupan sehari-hari
(dengan membuat ilustrasi).

Explain INTRODUCTION , DEVELOPMENT AND DEFINITION  OF GEOGRAPHY
Menguraikan konsep geografi dari berbagai referensi.
Merumuskan konsep geografi dalam kajian geografi.

I.       Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat mendefinisikan geografi berdasarkan asal katanya.
  2. Siswa dapat menjelaskan pengertian geografi menurut beberapa tokoh geografi.
  3. Siswa dapat menguraikan 10 konsep geografi.
  4. Siswa dapat menyebutkan ruang lingkup geografi
.Materi Ajar          
= Konsep geografi
Geograph is the science that studies similarity and differenc of geospheric phenomena with enviromental and regional point of view in spatial context, basically, scope of geography encompasses all phenomena that happen on eart’s surface with some variations and spatial organization. Thereofer, geography can obtain data and facts anywhere and anytime.

Geography (from Greek γεωγραφία - geographia, lit. "earth describe-write" is the study of the Earth and its lands, features, inhabitants, and phenomena.[2] A literal translation would be "to describe or write about the Earth". The first person to use the word "geography" was Eratosthenes (276-194 B.C.). Four historical traditions in geographical research are the spatial analysis of natural and human phenomena (geography as a study of distribution), area studies (places and regions), study of man-land relationship, and research in earth sciences. Nonetheless, modern geography is an all-encompassing discipline that foremost seeks to understand the Earth and all of its human and natural complexities—not merely where objects are, but how they have changed and come to be. As "the bridge between the human and physical sciences," geography is divided into two main branches—human geography and physical geography.

II.    Metode
Model : Contextual Teaching and Learning (CTL)
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS dengan
membangun konsep/pengetahuan dari yang “DILIHAT”


III. Langkah Pembelajaran
1.   Pendahuluan
      Motivasi dan Appersepsi
2.   Kegiatan Pokok
      a. Kegiatan Individu
-     Siswa mengemukan definisi gegrafi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-     Siswa dapat menjelaskan “INTRODUCTION GEOGRAPHY”
      -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
            -     Tanya jawab tentang . “INTRODUCTION GEOGRAPHY
            b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa):
      -     Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
            -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
            -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
            -     Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
            -     Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
            -     Guru membuat kesimpulan
            -     Penutup
3.   Kegiatan Akhir
      -     Membuat rangkuman
      -     Pemberian tugas

IV. Sumber Belajar
  1. GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
  2. Sumadi Sutrijat  Geografi 1 (buku paket). 1999

Alat: Perangkat Lab Bahasa

V.    Penilaian
  1. Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan.
  2. Butir soal.
1.      Terjemahkan pengertian geografi dalam bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia !
2.      Jelaskan perkembangan geografi!
a.             Generalist Geography
b.            Specialist Geography
c.             Fisis Determinism
d.            Possibilis
3.      Tuliskan definisi geografi menurut masing-masing individu/kelompok !
(Kunci Jawaban pada lampiran)

Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity.SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 27 Juli 2010
Guru mata pelajaran



Drs. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907230319911001

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar