Rabu, 18 Januari 2012

skala Mosh

Skala Kekerasan Mineral Selama ini, kita hanya tahu bahwa intan adalah benda paling keras di dunia. Kemudian kita juga tahu bahwa bagi... thumbnail 1 summary

Skala Kekerasan Mineral
Selama ini, kita hanya tahu bahwa intan adalah benda paling keras di dunia. Kemudian kita juga tahu bahwa bagian terkeras dari tubuh ialah gigi atau lebih tepatnya email gigi (tooth enamel). Namun, belum banyak yang tahu seberapa keras intan dibandingkan benda lain atau mana yang lebih keras antara gigi dan besi. Kekerasan suatu benda diukur berdasarkan skala tertentu. Saat ini, skala yang paling umum digunakan ialah Skala Kekerasan Mohs (Mohs Hardness Scale). Skala ini disusun pada tahun 1812 oleh Friedrich Mohs, seorang mineralogis asal Jerman. Prinsip dasarnya ialah dengan menggoreskan benda yang akan diukur kekerasannya dengan benda lain yang lebih keras. Skala pengukurannya mulai dari 1 hingga 10 dengan intan sebagai benda terkeras dan talk sebagai yang terlunak (lihat tabel 1).
picture1
Sebagai tambahan, perlu diketahui bahwa kekerasan kuku jari kita sekitar 2-2,5 sedangkan gigi kita kekerasannya sekitar 5 pada skala Mohs. Pisau baja kekerasannya hanya sedikit di atas 5, bahkan tidak lebih kuat daripada kaca (kekerasan 5,5). Namun, baja yang bermutu tinggi kekerasannya dapat mencapai 6,5.
Dari perbandingan kekerasan pada Skala Mohs ini, dapat kita lihat bahwa bagian terkeras dari tubuh kita hanya bernilai 5. Besi/baja terbaik sekalipun kekerasannya hanya mencapai 6,5 atau mungkin 7, sangat jauh lebih lunak dibandingkan intan. Sebab sekalipun hanya berbeda 1 tingkat, kekerasan sesungguhnya antara intan dan korundum sangat berbeda jauh. Intan memiliki nilai kekerasan absolut 1500 sedangkan korundum hanya 400. Permata moissanite yang dalam Skala Mohs kekerasannya 9,25 pun hanya memiliki nilai absolut 500, walaupun moissanite lebih tahan panas dibandingkan intan.
Jadi, hingga saat ini intan masih merupakan benda terkeras yang diketahui. Namun, bukan tidak mungkin kelak akan ditemukan benda yang kekerasannya mendekati intan mengingat perbedaan kekerasan absolut yang begitu besar antara benda terkeras nomor 1 dan nomor 2.
Untuk mengetahui beberapa hal tentang mineral-mineral kunci dalam Skala Mohs tersebut, berikut dilampirkan deskripsi singkat kesepuluh mineral tersebut:
1. Talk (talc)
picture41Berwarna putih, kelabu, atau kecoklatan, tak pernah ditemukan dalam bentuk kristal, merupakan produk alterasi magnesium silikat pada batuan ultramafik dan metasomatisme pada marmer dolomitik. Talk dipakai pada industri kertas, cat, karet, kosmetik, tekstil dan bubuk talk.
.
.
2. Gipsum (gypsum)
picture71
Berwarna putih, tak berwarna, hingga kekuningan, dapat larut dalam HCL dan air panas, terbentuk dari presipitasi mataair panas, air asin, atau sublimasi dari fumarol, terkadang berpendar jika terkena sinar ultraviolet, banyak digunakan untuk membuat plester Paris dan juga campuran dalam membuat semen.
.
3. Kalsit (calcite)
picture8
Warnanya bervariasi, terdapat dalam gua kapur sebagai stalaktit dan stalakmit atau pada urat hidrotermal temperatur rendah yang berasosiasi dengan sulfida, merupakan penyusun utama batu kapur dan marmer, terbentuk dari evaporasi larutan kalsium bikarbonat atau air laut, dan dari sisa-sisa organisme yang bersifat gampingan.
.
4. Fluorit (fluorite)
picture6Berbentuk kubik, warnanya sangat bervariasi mulai dari tidak berwarna hingga hitam, tidak larut dalam air, jika terkena sinar ultraviolet akan menimbulkan fluorescent, dapat ditemukan pada urat hidrotermal temperatur sedang hingga tinggi atau hasil dari sublimasi batuan vulkanik.
.
.
5. Apatit (apatite)
picture10Tak berwarna hingga berwarna kuning, hijau dan coklat, beberapa jenis apatit bisa kehilangan warnanya jika dipanaskan, dan ada pula yang berpendar jika terkena sinar ultraviolet. Terdapat di semua jenis batuan, stabil hampir di setiap lingkungan, banyak ditambang untuk pupuk, serta merupakan penyusun utama pada gigi.
.
6. Feldspar (feldspars)
picture9Merupakan kelompok mineral yang terdiri dari plagioklas, potasium feldspar, dan feldspatoid dengan masing-masing anggotanya. Plagioklas merupakan feldspar yang mengandung Kalsium dan Natrium. Potasium feldspar merupakan feldspar yang mengandung Kalium. Sedangkan feldspatoid merupakan feldspar yang kekurangan silika. Terbentuk langsung dari kristalisasi magma, merupakan salah satu komponen mineral yang paling penting dalam menentukan nama batuan beku, serta dalam menentukan derajat pelapukan dan tingkat alterasi batuan.
7. Kuarsa (quartz)
picture3Salah satu mineral paling umum di Bumi. Dalam kondisi murni, kuarsa tidak berwarna, tetapi dapat beraneka warna tergantung pengotornya. Kuarsa berwarna ungu disebut ametist (kecubung), warna kuning disebut citrine, warna merah muda disebut rose, warna putih disebut milky quartz sedangkan warna hitam disebut smoky quartz. Terbentuk langsung dari kristalisasi magma atau dari sisa organisme tertentu. Stabil di berbagai lingkungan dan paling tahan terhadap pelapukan.
8. Topaz (topaz)
picture21Terbentuk pada suhu yang tinggi dan memiliki beragam warna, tergantung pada jumlah fluorin yang ada ketika mineral ini terbentuk. Dapat ditemukan pada pegmatit, granit, riolit dan beberapa urat hidrotermal temperatur tinggi. Banyak digunakan sebagai permata.
.
.
9. Korundum (corundum)
picture53Umumnya berwarna abu-abu atau coklat, yang berwarna merah dinamakan rubi sedangkan yang berwarna biru disebut safir. Dapat dibuat menjadi alat ampelas yang bagus atau batu permata yang sangat mahal, terbentuk pada batuan metamorf derajat tinggi, kaya aluminium, dan sedikit silika.
.
.
10. Intan (diamond)
picture111Hanya terdiri dari karbon (carbon) seperti grafit tetapi memiliki ikatan yang sangat kuat, warnanya bisa bermacam-macam, mulai dari tak berwarna hingga berwarna hitam. Dapat ditemukan pada batuan ultramafik khususnya kimberlit, atau pada material endapan sungai.

RPP GE X (GANJIL/GENAP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Materi Pelajaran      : Geografi Kelas / Semester      : X / Ganjil Pertemuan                : ... thumbnail 1 summary

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Materi Pelajaran      : Geografi
Kelas / Semester      : X / Ganjil
Pertemuan                : 2
Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit

I.Standar Kompetensi          : Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek  geografi.
  II.Kompetensi Dasar           :Menjelaskan konsep geografi.
  III.  Indikator                       : 1.Menjelaskan metode / pendekatan geografi.(C1)
  2.Mengaplikasikan metode / pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer.(C2)
 3. Memahami gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi sebagai betuk keagungan Tuhan( C3)
1.                                                                                     Tujua                                      IV. Tujuan Pembelajaran
 Melalui kegiatan ekplorasi,elaborasi dan konfirmasi
1. Siswa dapat menguraikan 10 konsep geografi. (C3)
2. Siswa dapat menyebutkan metode/ pendekatan geografi.(C1)
 3.Siswa dapat menjelaskan pendekatan geografi.(C2)
4. Siswa dapat memberikan contoh pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer.(C2)
5.Siswa dapat memahami gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi sebagai betuk keagungan Tuhan (C3)
6 Siswa dapat mendiskusikan tentang metode/pendekatan Geografi (C3)



 V. Materi Ajar   
Ø Metode pendekatan geografi
  Pendekatan keruangan / spatial approach
Pendekatan kewilayahan
  Pendekatan topik
  Pendekatan aktifitas manusia
  Pendekatan regional
  Pendekatan ekologi / ecologi / ecological approach

  V I.    Metode Pengajaran  dan Metode Pengajaran 
 Metode Pengajaran 
 1. Ceramah bervariasi
 2.  Diskusi Singkat
 Metode : Contextual Teaching and Learning (CTL)
 Strategi : Cooperative Learning teknik Think Pair and Share (berfikir berpasang-pasangan dan curah pendapat)
Metode Pengajaran  : Power Point. Internet

VII. Langkah  Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
            Motivasi dan Appersepsi dan berdoa
2.      Kegiatan Pokok           
            a. Kegiatan Individu
      Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi           bilingual 1 secara mandiri.
Ø  Siswa dapat menjelaskan :konsep,prinsip,pendekatan dan aspek geografi
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang : konsep,prinsip,pendekatan dan aspek geografi



                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
Ø  Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
Ø  Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
Ø  Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
Ø  Guru membuat kesimpulan

                              Kegiatan Explorasi :
Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,-
 Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
Peserta didik membagi empat kelompok,
Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.

Kegiatan Konfirmasi
Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Mendiskusikan hasil kelompok.
VIII.  Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
Tugas Mandiri tidak terstruktur : Siwa diberi informasi untuk mencari dari berbagai sumber tentang pengertian,cirri-ciri dan berbagai macam tentang konsep prinsip aspek dan pendekatan geografi ( Afirmatif)
 Penilaian.
Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan pendekatan geografi
Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
Berdoa.
Keluar kelas dengan tertib pada waktunya
 IV.Sumber Belajar
 1.Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
 2.K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
 3. Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
V.                                                                     Penilaian
            Prosedur penilaian = test lisan.
     Butir soal.
           1.  Sebutkan 3 pendekatan geografi !
           2.  Jelaskan 3 pendekatan geografi !


Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo


Nikmah Nurbaity.SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 17 Juli 2011
Guru mata pelajaran


Drs. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907230319911001





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Materi Pelajaran         : Geografi
Kelas / Semester         : X / Ganjil
Pertemuan                   : 3
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

I.          Standar Kompetensi
Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek  geografi.
II.          Kompetensi Dasar
Menjelaskan prinsip geografi.
III.          Indikator =          Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi.(C2)
                        =    Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi.(C1)
                        =    Menerapkan prinsip geografi dalam kajian geosfer.(C3)
=    Memahami gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka                        bumi sebagai betuk keagungan Tuhan(C3)
IV.          Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ekplorasi,elaborasi dan konfirmasi
1.     Siswa dapat menyebutkan prinsip-prinsip geografi.(C1)
2.     Siswa dapat menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi.(C1)
3.     Siswa dapat memberikan contoh prinsip geografi dalam kajian geosfer.(C2)
4.     Siswa dapat memahami gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka  bumi sebagai betuk keagungan Tuhan(C3)
5.     Siswa dapat mendiskusikan tentang metode/pendekatan Geografi(C3)
V.          Materi Ajar
Prinsip-prinsip geografi
  PRINCIPLES OF GEOGRAPHY (PRINSIP GEOGRAFI)
-        Penyebaran (Spreading Principle)
-        Prinsip Interrelasi (Interrelationship Principle)
-        Prinsip Deskripsi (Descriptive Prinsiple)
   Prinsip Korologi (Chorological Principle)
-        Prinsip penyebaran
-        Prinsip interelasi
-        Prinsip deskripsi
-        Prinsip korologi
VI.          Metode Pengajaran
  1. Ceramah bervariasi \
  2. Tanya jawab dan diskusi singkat
Metode : Contextual Teaching and Learning (CTL)
Strategi : COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION    (CIRC) KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS dengan membangun konsep/pengetahuan dari yang “DILIHAT”
            Media: Power Point. internet
VII.          Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.     Pendahuluan
            Motivasi dan Appersepsi
2.     Kegiatan Pokok
            a. Kegiatan Individu
-Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-Siswa dapat menjelaskan “Prinsip geografi “
-Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
-Tanya jawab tentang . “Prinsip geografi"
                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
-     Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
-   Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
-     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
-     Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
-     Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
-     Guru membuat kesimpulan
 Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
1)     Peserta didik membagi empat kelompok
2)     Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
3)     Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi
4)     Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
1)     Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
2)     Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
3)     Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
1.     Refleksi
a.      Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan prinsip geografi disekelilingnya  terutama    dalam kehidupan sehar-hari.
b.     Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
2.     Berdoa.
Keluar kelas dengan tertib pada waktunya
VIII.          Penilaian.
a.      Informasi tentang prinsip-prinsip geografi.
b.     Tanya jawab mengenai perbedaan prinsip-prinsip geografi.
c.      Mendiskusikan penerapan prinsip geografi dalam kajian geosfer.
Kegiatan Akhir
            -     Membuat rangkuman
            -     Peberian tugas
Sumber Belajar :
1. Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2.K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3.Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
i.                                                                                                
Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan.
  Butir soal.
1.     Jelaskan apa yang dimaksud prinsip geografi
2.     Sebut dan jelaskan prinsip-prinsip geografi !
3.     Berikan contoh prinsip geografi dalam kajian geografi / geosfer !
4.      Coba diskusikan contoh prinsip geografi ini (hal 44 Modul geo 1)




Kunci Jawaban
1.     Geographycal principle is the foundation to analyze and disclose geographycal phenomena on earths surface. Theoretically, geographical principles are as follows
Prinsip geografi merupakan dasar mengkaji dan mengungkapkan gejala geografi di permukaan bumi. Secara teoritis, prinsip – prinsip geografi adalah sebagai berikut
2.      
a.      Prinsip Penyebaran (Spreading Principle)
Speading principle can be use to descriibe geographycal phenomena and facts in the map, also to express relationship between one geographical phenomenon and another. That is because the speading of geographical phenomena and facts is not uniform from one region to another region.
Prinsip penyebaran dapat digunakan untuk menggambarkan gejala dan fakta geografi dalam peta serta mengungkapkan hubungan antara gejala geografi yang satu dengan yang lain. Hal tersebut disebabkan penyebaran gejala dan fakta geografi tidak merata wilayah yang satu dengan wilayah yang lain.

b.     Prinsip Interrelasi ( Interrelationship Principle )
Interrelationship principle is used to analyae the relationship between physical and non physical phenomena. That principle can expess geographical phenomena or facts in a certain region
Prinsip interrelasi digunakan untuk menganalisis hubungan antara gejala fisik dan non – fisik. Prinsip tersebut dapat mengungkapkan gejala atau fakta geografi di suatu wilayah tertentu
c.      Prinsip Deskripsi (Descriptive Principle
Descriptive principle in geography is use to give further illustration about geographical phenomena and problem analyzed. This principle does not only  show description in the form of a map, but also in the form of a diagram,graph or table.
Prinsip deskripsi dalam geografi digunakan untuk memberikan gambaran lebih jauh tentang gejala dan masalah geografi yang dianalisis. Prinsip ini tidak hanya menampilkan deskripsi dalam bentuk peta, tetapi juga dalam bentuk diagram, grafik maupun tabel.
d.     Prinsip Korologi (Chorological Principle
By chorological principle we can analize geographical phenomena,facts,and problems seen from their speading,interrelationship and interaction in space.
Dengan prinsip korologi dapat dianalisis gejala, fakta, dan masalah geografi ditinjau dari penyebaran, interrelasi dan interaksinya dalam ruan
3.      
a.      Contoh Prinsip Persebaran :
Persebaran penduduk padat di Indonesia dapat ditemukan di Pulau Jawa, Bali, Lombok dan kota – kota besar di Indonesia.
Persebaran gunung berapi di Indonesia berbentuk rangkaian, dimulai dari pulau Sumatra, Jawa, Sulawesi, terus ke arah timur.
Persebaran daerah penghasil tanaman pangan dapat ditemukan di Brastagi, Sumatra Utara, Cisarua Jawa Barat, dan Brebes, Jawa Tengah
b.      Contoh Prinsip Interelasi
Mata pencaharian penduduk di daerah pantai ialah nelayan. Wilayah di sekitar gunung berapi biasanya merupakan lahan pertanian yang subur. Setiap musim penghujan beberapa tahun belakang ini, di Jakarta selalu terjadi banjir.
c.       Contoh Prinsip deskripsi
Krakatau
Krakatau adalah gugusan pulau gunung berapi di Selat Sunda. Di duga berasal dari sebuah gunung api besar berbentuk seperti kerucut yang kemudian tenggelam sehingga hanya tinggal tiga gumpalan tanah yang merupakan Pulau Sertung, Pulau Panjang dan Pulau Rakata. Di salah satu gumpalan tana tersebut timbul sebuah gunung berapi kecil berbentuk kerucut, yaitu Gunung Rakata. Kemudian timbul dua gunung berapi lagi, yaitu gunung Perbuatan dan Gunung Danan, yang menjadi satu dengan Gunung Rakata dan dinamakan Krakatau. Letusan – letusan dahsyat pada tanggal 26 – 28Agustus 1883 Telah menelan korban 36.000 Jiwa. Gunung perbuatan, gunung Danan, dan setengah dari gunung Rakata hilang lenyap. Pada letusan 1927 terjadi pulau gunung berapi baru di tengah – tengah pulau – pulau lain, yaitu Anak Krakatu. Pada pertengah juli 2004, Anak Krakatau mulai menampakkan gejolaknya
d.     Contoh Penerapan Prinsip Korologi :
Di kawasan Asia tenggara, negara penghasil padi yang cukup besar adalah Thailand dan Vietnam Mengapa ? Karena Thailand dan Vietnam adalah negara tropis yang curah hujannya mencukupi dan air permukaannya melimpah sehingga cukup untuk mendukung irigasi lahan sawah yang luas. Sebagian besarwilayahnya berupa dataran rendah yang sangat cocok untuk pertanian padi sawah. Oleh karena itu kedua negara itu disebut sebagai negara lumbung padi
4.     Hasil  diskusi anak dirangkum untuk melengkapi ulangan.





Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity.SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 17 Juli 2011
Guru mata pelajaran



Drs. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907230319911001









Non Tes :
Tes Sikap / Performance : Diskusi kelompok

LEMBAR PENGAMATAN DISKUSI
Mata Pelajaran            : Geografi
Kompetensi dasar       : 1.1 Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper
Hari / Tanggal :

No
Nama
Skor
Jumlah
Keterangan
1
2
3
4
5












Keterangan :
1.Keaktifan berdiskusi
2.Percaya diri
3.Menghargai pendapat orang lain
4.Sopan dalam bertutur kata
5.Pemecahan masalah

Rentang Nilai :
5 / sangat baik (A) = 85 – 100
4 / baik (B) = 70 – 84
3 / cukup (C) = 55 – 69
2 / kurang (D) = 40 – 54
1 / sangat kurang (E) = 0 – 39
Nilai Akhir = Skor perolehan : Skor maksimum X 100
Pembuatan modul
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Mata Pelajaran             : Geogarfi
Kelas / Semester           : XI / Gasal
Standar Kompetensi  :
1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper Kompetensi dasar          :
 1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
 SOAL:
Carilah informasi dari berbagai literatur  tentang pengertian biosfer, ciri-ciri hewan dan tumbuhan di Indonesia, identifikasi tempat dan faktor penyebab persebaran hewan dan tumbuhan di dunia, kemudian buatlah ringkasan materi dalam bentuk kliping!



PEDOMAN PENSKORAN
No
Aspek yang dinilai
Skor
1

2

3

4
Kebenaran Informasi
Tepat=2 Tidak=1
Kesesuaian informasi dengan materi
Sesuai=3 Cukup=2 Kurang=1
Sistematika penyusunan modul
Terdiri dari pengantar, isi dan kesimpulan
Bahasa
Sangat komunikatif=3 Cukup komunikatif=2 Kurang komunikatif=1
0-2

0-3

0-3

0-3

Skor Maksimum
0-11

Keterangan :
Nilai Akhir = Skor perolehan : Skor maksimum X 100

IX. Life Skill :
1. Kecakapan menggali informasi
2. Kecakapan mengambil keputusan
3. Kecakapan bekerja sama
4. Kecakapan berkomunikasi secara tertulis dan lisan
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Materi Pelajaran         : Geografi
Kelas / Semester         : X / Ganjil
Pertemuan                   : 4
Alokasi Waktu            : 1 x 45 menit

I.Standar Kompetensi            :Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek  geografi.
II.Kompetensi Dasar             :Mendiskripsikan aspek geografi
III.Indikator                           :1.Mendiskripsikan aspek-aspek geografi.(C2)
 2.Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial geografi.(C1)
                         3.Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari  (C1)
                      4.Memahami gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka  bumi  sebagai betuk keagungan Tuhan(C3
IV.Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ekplorasi,elaborasi dan konfirmasi
1.     Siswa dapat menyebutkan aspek-aspek geografi.(C1)
2.     Siswa dapat menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial.(C1)
3.     Siswa dapat memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari.(C1)
4.     Siswa dapat memahami gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka  bumi sebagai betuk keagungan Tuhan(C3)
5.     Siswa dapat mendiskusikan tentang metode/pendekatan Geografi(C2)




V. Materi Ajar           = Aspek geografi
       ASPECT  OF GEOGRAPHY (ASPEK GEOGRAFI)
      In broad outline,geography can be divided into two parts, physical geography and human geography
-        Aspek fisik (alamiah) gejala-gejala alam yang timbul.
-        Aspek sosial / kehidupan dengan segala interaksi penyebaran   maupun relasinya.
VI.Metode Pengajaran
1.     Ceramah bervariasi
2.     Tanya jawab
Metode : Contextual Teaching and Learning (CTL)
 Strategi : COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION    (CIRC) KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS dengan membangun konsep/pengetahuan dari yang “DILIHAT”
 Media: Power Point. internet
VII.Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
       Motivasi dan Appersepsi
2. Kegiatan Pokok
a.   Kegiatan Individu
            Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-        Siswa dapat menjelaskan “Aspek fisik dan Non fisik
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang . “ Aspek geografi “
b.    Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
-        Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
-        Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
-        Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
-        Guru membuat kesimpulan
                 
                  Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
·       Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
·       Peserta didik membagi empat kelompok,
·       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
·       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
·       Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
·       Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
·       Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·       Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Penilaian.
·         Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama    karya seni rupa terapan.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
·         Berdoa.
·         Keluar kelas dengan tertib pada waktunya

3.   Kegiatan Akhir
            -     Membuat rangkuman
  Presentasi hasil diskusi.
 IV.Sumber Belajar
Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
Sumadi Sutrijat  Geografi 1 (buku paket). 1999
  Penilaian
  Prosedur penilaian = test lisan.
a.           Butir soa                                         1. Jelaskan apa saja ruang lingkup geografi !
  2.Sebut dan jelaskan aspek-aspek geografi !
  3.Berikan contoh penggunaan aspek geografi dalam kehidupan !

Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity,SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 17 Juli 2011
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Materi Pelajaran         : Geografi
Kelas / Semester         : X / Ganjil
Pertemuan                   : 5
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

I.          Standar Kompetensi
Memahami sejarah pembentukan bumi.
II.          Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan tata surya dan jagad raya.
III.          Indikator     
1.     Membuat laporan pengamatan benda-benda langit menganalisis teori terjadinya tata surya dan jagad raya.(C2)
2.     Menjelaskan perbedaan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta.(C)
3.     Memahami gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka  bumi  sebagai betuk keagungan Tuhan(C3)
IV.          Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ekplorasi,elaborasi dan konfirmasi
  1. Siswa dapat menjelaskan teori terjadinya tata surya dan jagad raya. (C1)
  2. Siswa dapat membedakan anggapan tentang jagad raya dan alam semesta.(C2)
  3. Siswa dapat menyebutkan benda-benda langit.(C1)
  4. Siswa dapat memahami gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka  bumi  sebagai betuk keagungan Tuhan(C3)
V.          Materi Ajar            
Tata surya dan jagad raya.
VI.          Metode Pengajaran
1.     Ceramah bervariasi
2.     Tanya jawab  
Metode : Contextual Teaching and Learning (CTL)
Strategi : COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS dengan membangun konsep/pengetahuan dari yang “DILIHAT”
 Media: Power Point. internet
VII.          Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.     Pendahuluan
       Motivasi dan Appersepsi
2.     Kegiatan Pokok  
a.    Kegiatan Individu
-      Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-      Siswa dapat menjelaskan “Tata  Surya dan Jagat raya
-      Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
-      Tanya jawab tentang . “Tata Surya dan Jagat Raya”
b.        Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
-        Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
-        Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
-        Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
-        Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
-        Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
-        Guru membuat kesimpulan






                              Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
1)     Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,
2)     Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
1)     Peserta didik membagi empat kelompok,
2)     Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
3)     Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
4)     Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
1)     Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
2)     Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
3)     Mendiskusikan hasil kelompok.
Kegiatan Akhir
Penutup
1)     Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
Refleksi
-      Membuat rangkuman
Penugasan
Mengamati benda-benda langit dan melakukan  pengamatan
Berdoa.
Keluar kelas dengan tertib pada waktunya
Sumber Belajar
1. Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2.K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3.Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
4.GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
Sumadi Sutrijat  Geografi 1 (buku paket). 1999
VIII.          Penilaian
Prosedur penilaian = test tertulis
Butir soal.
1.     Sebut dan jelaskan 4 teori tata surya !
2.     Apa perbedaan antara jagad raya dan alam semesta !
3.     Sebutkan 7 benda langit !




Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity,SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 17 Juli 2011
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001





Non Tes :
Tes Sikap / Performance : Diskusi kelompok

LEMBAR PENGAMATAN DISKUSI
Mata Pelajaran            : Geografi
Kompetensi dasar       : 1.1 Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper
Hari / Tanggal :

No
Nama
Skor
Jumlah
Keterangan
1
2
3
4
5












Keterangan :
1.Keaktifan berdiskusi
2.Percaya diri
3.Menghargai pendapat orang lain
4.Sopan dalam bertutur kata
5.Pemecahan masalah

Rentang Nilai :
5 / sangat baik (A) = 85 – 100
4 / baik (B) = 70 – 84
3 / cukup (C) = 55 – 69
2 / kurang (D) = 40 – 54
1 / sangat kurang (E) = 0 – 39
Nilai Akhir = Skor perolehan : Skor maksimum X 100
Pembuatan modul
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Mata Pelajaran             : Geogarfi
Kelas / Semester           : XI / Gasal
Standar Kompetensi  :
1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper Kompetensi dasar          :
 1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
 SOAL:
Carilah informasi dari berbagai literatur  tentang pengertian biosfer, ciri-ciri hewan dan tumbuhan di Indonesia, identifikasi tempat dan faktor penyebab persebaran hewan dan tumbuhan di dunia, kemudian buatlah ringkasan materi dalam bentuk kliping!



PEDOMAN PENSKORAN
No
Aspek yang dinilai
Skor
1

2

3

4
Kebenaran Informasi
Tepat=2 Tidak=1
Kesesuaian informasi dengan materi
Sesuai=3 Cukup=2 Kurang=1
Sistematika penyusunan modul
Terdiri dari pengantar, isi dan kesimpulan
Bahasa
Sangat komunikatif=3 Cukup komunikatif=2 Kurang komunikatif=1
0-2

0-3

0-3

0-3

Skor Maksimum
0-11

Keterangan :
Nilai Akhir = Skor perolehan : Skor maksimum X 100

IX. Life Skill :
1. Kecakapan menggali informasi
2. Kecakapan mengambil keputusan
3. Kecakapan bekerja sama
4. Kecakapan berkomunikasi secara tertulis dan lisan














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Materi Pelajaran         : Geografi
Kelas / Semester         : X / Ganjil
Pertemuan                   : 6
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
I.          Standar Kompetensi
Memahami sejarah pembentukan bumi.
Kompetensi Dasar
Menjelaskan sejarah pembentukan bumi.
III.Indikator     =    Mendiskripsikan terjadinya bumi.(C2)
                        =    Mengidentifikasi karakteristik perlapisan bumi.(C2)
                                                =       Menganalisis teori lempeng dan kaitannya dengan gunung api    dan                        gempa bumi.(C5)
                                         Memahami gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka  bumi  sebagai betuk keagungan Tuhan(C3
IV..      Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ekplorasi,elaborasi dan konfirmasi
1. Siswa dapat menjelaskan teori terrjadinya bumi. (C1)
2. Siswa dapat menjelaskan teori perkembangan bentuk permukaan bumi.(C1)
3. Siswa dapat menyebutkan karakteristik pelapisan bumi.(C1)
4 Siswa dapat menyebutkan akibat teori lempeng.(C1)
5.Siswa dapat memahami gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka  bumi  sebagai betuk keagungan Tuhan(C3)
V.Materi Ajar             =          Proses terjadinya bumi
                              =    Karakteristik pelapisan bumi.
                              =    Teori lempeng tektonik
VI.Metode Pengajaran
1.         Ceramah bervariasi
2.         Diskusi Singkat
Metode : Contextual Teaching and Learning (CTL)
   Strategi : COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION    (CIRC) KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS dengan membangun konsep/pengetahuan dari yang “DILIHAT”
  Media: Power Point. Internet
VII.Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1.        
a.         Pendahuluan
            Motivasi dan Appersepsi
b.         Kegiatan Pokok /Inti
-           Informasi tentang teori terjadinya bumi.
-           Informasi tentang teori perkembangan bentuk muka bumi.
            a. Kegiatan Individu
-     Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-     Siswa dapat menjelaskan “Tentang pembentukan bumi
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang . “Pembentukan bumi”
                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
            -           Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
                  -           Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
                  -           Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
                  -           Guru membuat kesimpulan
                              Kegiatan Explorasi :
·       Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
·       Peserta didik membagi empat kelompok,
·       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
·       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
·       Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
·       Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
·       Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·       Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Penilaian.
·         Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama    karya seni rupa terapan.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
·         Berdoa.
·         Keluar kelas dengan tertib pada waktunya
3.         Kegiatan Akhir
            -     Membuat rangkuman
            -     Presentasi hasil diskusi.
c.         Kegiatan Akhir
-           Membuat rangkuman
-           Peberian tugas
Pertemuan 2.
            a.               Pendahuluan
                                    Motivasi dan Appersepsi
            b.               Kegiatan Pokok
-                          Siswa mencari dan menemukan karakteristik pelapisan                                     bumi dan bahan referensi secara mandiri.
-                          Informasi tentang teori lempeng
-                          Diskusi singkat akibat teori lempeng.
VIII.Sumber Belajar
1. Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2.K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3..Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
4.GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
IX.. Penilaian
a.                                                                            Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan.
b.                                                                           Butir soal.
Jelaskan terjadinya bumi !
1.Sebutkan teori tentang perkembangan bentuk bumi !
2.Sebutkan lapisan yang terdapat dibumi !
3.Jelaskan tentang teori lempeng !
4.Apa akibat teori lempeng tersebut !




Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity,SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 17 Juli 2011
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model : Contextual Teaching and Learning (CTL)
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
Berbasis (TIK)
(Steven &Slavin 1995)


Materi Pelajaran      : Geografi
Kelas / Semester      : X / 2
Pertemuan                :  1
Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi
Menganalisis unsur-unsur geosfer.
Kompetensi Dasar
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimukabumi

Indikator         =    Mengidentifikasi jenis-jenis bantuan pembentuk lapisan kulit                                      bumi.
                        =    Mengklasifikasikan tenaga pengubah bentuk muka bumi.
                        =    Menunjukkan bentuk-bentuk intrusi magma.
                              =                      Mendiskripsikan tentang erupsi, tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung merapi.
                        =    Memaparkan tentang proses terjadinya gempa bumi / tsunami.
                        =    Mencari tentang bumi,lithosphere,pedosphere dan gambarnya dari                          
                              INTERNET
                        =     Mengunduh tentang bumi,lithosfer,pedosphere dan gambarnya da
                               ri INTERNET
I.          Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat menyebutkan jenis bantuan pembentuk lapisan kulit bumi.
2.   Siswa dapat menyebutkan tenaga pengubah bentuk muka bumi.
3.   Siswa dapat menunjukkan bentuk-bentuk intruksi magma.
2.     Siswa dapat menjelaskan tentang erupsi tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung berapi.
3.                                   Siswa dapat menjelaskan proses terjadinya gempa bumi.
II.                         Materi Ajar           = Lithosfer           
   = Tektonisme
                              = Tenaga endogen                        = Vulkanisme
                              = Struktur lapisan kulit bumi.      = Seisme
                              = Tenaga eksogen : pelapukan,erosi,mass washting

III.                       Metode Pengajaran
1.         Ceramah bervariasi cara menggunakan computer dan internet
IV.                      Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1.         a.   Pendahuluan
                                    Motivasi dan Appersepsi
Membuka blog Geografi dengan memberikan E-Mail dan masuk ke blog http://Geographyyes.blogspot.com dan mencari di internet
 1.http://image.google.co.id
2.http:// www.e-dukasi.net
3.http://doddy-wordpress.com
                        2.         Kegiatan Pokok
            a. Kegiatan Individu
-     Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-     Siswa dapat menjelaskan “INTRODUCTION GEOGRAPHY”
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang . “INTRODUCTION GEOGRAPHY
                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
            -           Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
                  -           Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
                  -           Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
                  -           Guru membuat kesimpulan
                 
                  Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
·       Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
·       Peserta didik membagi empat kelompok,
·       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
·       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
·       Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
·       Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
·       Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·       Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Penilaian.
·         Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama    karya seni rupa terapan.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
·         Berdoa.
·         Keluar kelas dengan tertib pada waktunya

3.         Kegiatan Akhir
            -     Membuat rangkuman
            -     Presentasi hasil diskusi.

II.                                                                       Sumber Belajar
1. Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2. K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3. Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
4. GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
5. Sumadi Sutrijat  Geografi 1 (buku paket). 1999


V.    Penilaian
a.                                                                            Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan. Dengan membuka internet pada alamat http://geograpyyes.com atau alamat yang ditentukan.
b.                                                                           Butir soal.
1.     Jelaskan apa perbedaan antar baku beku, batu sedimen dan batu    metamort !
2.     Sebutkan 3 tenaga pengubah bentuk muka bumi !
3.     Sebutkan bentuk intrusi magma !
4.     Apa saja bahan yang dikeluarkan dari letusan gunung berapi !
5.     Sebut dan jelaskan tipe letusan !







Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity,SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 15 Januari 2012
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001










 Sekenario Pembelajaran
1.   Memasuki labolatorium bahasa/ lab multimedia sesuai  nomor urut.
2.   Memberi petunjuk penggunaan alat pembelajaran di lab. Bahasa/Multimedia dengan cara
a.Siswa dipersilahkan memakai Head Phone dengan pedoman micropone disebelah kiri,volome pada pada kabel dan meja
Sedang pada lab multimedia personal komputer dengan panel hardware ada dibelakang
b. Siswa diberi petunjuk jika bertanya menekan tombol (merah)
3.   Guru menampilkan presentasi sesuai pokok bahasan dan indikator yang ingin dicapai dengan cara:
ii.     Membuka file dan mengaktifkan peralatan supaya terhubung( conect:
All listen  : semua mendengarkan dari guru
All listen random talk : semua yang dipilih muncul tanda ON, bisa mendengar dan berkomunikasi dengan guru dua arah atau lebih.
All talk : semua bisa mendengar dan bisa berbicara
(kalau di lab multimedia/internet silahkan buka dialamat http://geographyyes.blogspot.com atu petunjuk lain)
iii.      Guru menampilan presentasinya, sesuai kooperatif terpadu membaca dan menulis.
Sedang di lab multimrdia dengan membuka atau mengunduh dari internet.
Membentuk kelompok secara heterogen(mis 4 anak),memberikan wacana sesuai dengan topic pembelajaran dengan internet/computer,lalu siswa membaca/menemukan ide pokok serta memberikan tanggapan terhadap “wacana” dan ditulis pada “komentar” pada blok atau ditulis pada lembar kertas untuk dibuat kesimpulan atau dipresentaskan bersama
4.   Problem :
S  : Jika siswa bertanya terdapat kata-kata yang sulit.
G      : menunjuk pada kata itu dengan di blok > copy > paste. Pada New slide lalu menterjemahkan maksudnya.
5. Guru menyiapkan perbendaharaan kata (glosariumnya).
6. Anak membaca dan lain mendegarkan pada headphone, (All talk)
7. Membuat rikasan dari presentasi dengan cara :
- menandai di lembar kerja siswa/buu referensi

Hambatan :
1.   siswa belum terbisa mendengarkan bahasa inggris, dan guru masih kurang dalam berbahasa inggris.
2.   siswa kurang bisa mengerti apa yang diucapkan/ditulis/dibaca sehingga siswa kesulitan menuliskan terjemahannya/maksudnya.
3.   layar presentasi kurang lebar yang ada di lab bahasa.
4.   check headset/computer/jaringan/problem solving oleh guru



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model : Contextual Teaching and Learning (CTL)
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
Berbasis (TIK)
(Steven &Slavin 1995)
Materi Pelajaran      : Geografi
Kelas / Semester      : X / 2
Pertemuan                : 2
Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit
 

Standar Kompetensi
Menganalisis unsur-unsur geosfer.
Kompetensi Dasar
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan lithosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.
Indikator              =                      Mendiskripsikan pengaruh tenaga eksogen terhadap bentu rupa bumi.
                              =                      Membedakan jenis-jenis pelapukan
                              =                      Mengidentifikasi jenis pengikisan berdasarkan pelaku utama yang berbeda
                              =                      Mengklasifikasikan jenis-jenis pengendapan berdasarkan tenaga.
                        = Membuka internet
                        = Mengunduh internet
I.    Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat menyebutkan tenaga eksogen pengubah bentuk muka bumi.
2.   Siswa dapat menjelaskan pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk rupa bumi.
3.         Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis pelapukan.
4.Siswa dapat menyebutkan jenis pengikisan berdasar pelaku utama.
5. Siswa dapat membuka dan mengunduh internet
II.                                                                                                                   Materi Ajar          =    Tenaga eksogen
-                            Pelapukan
-                            Pengikisan
-                            Pengendapan
III.                                                                                                                Metode Pengajaran
1.         Ceramah bervariasi  dan berdoa
2.         Tanya jawab  
IV.  Langkah Pembelajaran
A. Pertemuan 1.
1.   Pendahuluan : Appersepsi dan Motivasi
 Membuka blog Geografi dengan memberikan E-Mail dan masuk ke blog http://Geographyyes.blogspot.com dan mencari di internet
1.http://image.google.co.id
 2.http:// www.e-dukasi.net
3.http:// doddy-wordpress.comitya-pandhu.blogspot.com
       2. Kegiatan Pokok
            a. Kegiatan Individu
-     Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-     Siswa dapat menjelaskan “INTRODUCTION GEOGRAPHY”
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang . “INTRODUCTION GEOGRAPHY
                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
            -           Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
                  -           Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
                  -           Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
                  -           Guru membuat kesimpulan
                 
                  Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
·       Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
·       Peserta didik membagi empat kelompok,
·       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
·       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
·       Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
·       Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
·       Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·       Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Penilaian.
·         Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama    karya seni rupa terapan.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
·         Berdoa.
·         Keluar kelas dengan tertib pada waktunya

3.         Kegiatan Akhir
            -     Membuat rangkuman
            -     Presentasi hasil diskusi.

III.               Sumber Belajar
1. Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2. K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3. Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
4. GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
5. Sumadi Sutrijat  Geografi 1 (buku paket). 1999


B. Pertemuan 2. Melihat situasi dan kondisi untuk melanjutkan seperti kegiatan yang lalu      :
 1.        Pendahuluan
                                       Motivasi dan Appersepsi
2.         Kegiatan Pokok
            a. Kegiatan Individu
-     Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-     Siswa dapat menjelaskan “INTRODUCTION GEOGRAPHY”
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang . “INTRODUCTION GEOGRAPHY
                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
            -           Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
                  -           Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
                  -           Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
                  -           Guru membuat kesimpulan
                 
                  Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
·       Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
·       Peserta didik membagi empat kelompok,
·       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
·       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
·       Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
·       Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
·       Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·       Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Penilaian.
·         Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama    karya seni rupa terapan.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
·         Berdoa.
·         Keluar kelas dengan tertib pada waktunya

3.         Kegiatan Akhir
            -     Membuat rangkuman
            -     Presentasi hasil diskusi.

V. Sumber Belajar
1.     Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2.     K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3.     Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
4.     GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
5.     Sumadi Sutrijat  Geografi 1 (buku paket). 1999


VI. Penilaian
a.         Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan.atau membuka blog melihat soal sebagai kegiatan afirmatif
b.         Butir soal.
1.     Sebutkan tenaga eksogen pengubah muka bumi !
2.     Jelaskan 3 jenis pelapukan !
3.     Sebut dan jelaskan jenis erosi !
4.     Sebutkan jenis-jenis sedimentasi !




Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity,SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 15 Januari 2012
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model : Contextual Teaching and Learning (CTL)
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
Berbasis (TIK)
(Steven &Slavin 1995)

Materi Pelajaran      : Geografi
Kelas / Semester      : X / 2
Pertemuan                : 3
Alokasi Waktu         : 3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi
Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan lithosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.
Indikator        =    Menjelaskan proses pembentukan tanah di Indonesia.
                              =                      Mengidentifikasi faktor-faktor yang berperan dalm pembentukan tanah.
                        =    Menunjukkan jenis dan dan persebaran tanah pada peta Indonesia.
                        =    Mengklasifikasi jenis tanah berdasarkan persuburannya.
                        =    Menganalisis proses terjadinya erosi di lingkungan sekitar.
                              =                      Menganalisis penyebab terjadinya erosi tanah dan kerusakan tanah yang lain serta dampaknya terhadap kehidupan.

Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan tanah.
2.   Siswa dapat menyebutkan faktor yang berperan dalam pembentukan tanah.
6.     Siswa dapat menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta.
7.     Siswa dapat menjelaskan proses terjadiya erosi tanah.
8.     Siswa dapat menyebutkan penyebab terjadinya erosi tanah.
9.     Siswa dapat menyebutkan jenis kerusakan tanah.
10.  Siswa dapat menjelaskan dampak erosi tanah terhadap kehidupan.
11.  Siswa dapat menyebutkan usaha untuk mengurangi terjadinya erosi.
1.                                                                                      
2.                                                                                      
3.                                                                                      
4.                                                                                     Materi Ajar    = Pedosfer      
5.                                                                                     Metode Pengajaran
1.         Ceramah bervariasi
2.         Diskusi Singkat
6.                                                                                     Langkah Pembelajaran
A. Pertemuan 1.   1    Pendahuluan
                                          Motivasi dan Appersepsi
 Membuka blog Geografi dengan memberikan E-Mail dan masuk ke blog http://Geographyyes.blogspot.com dan mencari di internet 1.http://image.google.co.id 2.http:// www.e-dukasi.net
                                     2.        Kegiatan Pokok
            a. Kegiatan Individu
-     Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-     Siswa dapat menjelaskan “INTRODUCTION GEOGRAPHY”
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang . “INTRODUCTION GEOGRAPHY
                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
            -           Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
                  -           Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
                  -           Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
                  -           Guru membuat kesimpulan
                 
                  Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
·       Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
·       Peserta didik membagi empat kelompok,
·       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
·       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
·       Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
·       Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
·       Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·       Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Penilaian.
·         Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama    karya seni rupa terapan.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
·         Berdoa.
·         Keluar kelas dengan tertib pada waktunya

3.         Kegiatan Akhir
            -     Membuat rangkuman
            -     Presentasi hasil diskusi.

B. Pertemuan 2.   1    Pendahuluan
                                          Motivasi dan Appersepsi
                                    2.         Kegiatan Pokok
            a. Kegiatan Individu
-     Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-     Siswa dapat menjelaskan “INTRODUCTION GEOGRAPHY”
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang . “INTRODUCTION GEOGRAPHY
                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
            -           Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
                  -           Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
                  -           Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
                  -           Guru membuat kesimpulan
                 
                  Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
·       Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
·       Peserta didik membagi empat kelompok,
·       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
·       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
·       Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
·       Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
·       Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·       Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Penilaian.
·         Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama    karya seni rupa terapan.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
·         Berdoa.
·         Keluar kelas dengan tertib pada waktunya

3.         Kegiatan Akhir
            -     Membuat rangkuman
            -     Presentasi hasil diskusi.
C. Pertemuan 3.   1    Pendahuluan
                                          Motivasi dan Appersepsi
                                    2.         Kegiatan Pokok
            a. Kegiatan Individu
-     Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-     Siswa dapat menjelaskan “INTRODUCTION GEOGRAPHY”
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang . “INTRODUCTION GEOGRAPHY
                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
            -           Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
                  -           Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
                  -           Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
                  -           Guru membuat kesimpulan
                  Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
·       Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
·       Peserta didik membagi empat kelompok,
·       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
·       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
·       Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
·       Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
·       Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·       Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Penilaian.
·         Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama    karya seni rupa terapan.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
·         Berdoa.
·         Keluar kelas dengan tertib pada waktunya
D.              Sumber Belajar
1.     Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2.     K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3.     Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
4.     GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
5.     Sumadi Sutrijat  Geografi 1 (buku paket). 1999
1.                                                                                     Penilaian
a.                         Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan.
b.                         Butir soal.
1.     Jelaskan bagaimana proses pembentukan tanah !
2.     Faktor apa sajakah yang berperan dalam pembentukan tanah !
3.     Sebut dan jelaskan jenis-jenis tanah di Indonesia !
4.     Sebutkan apa saja penyebab kerusakan tanah !
5.     Upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk pelestarian SDA tanah


Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity,SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 15 JANUARI 2012
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model : Contextual Teaching and Learning (CTL)
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
Berbasis (TIK)
(Steven &Slavin 1995)

Materi Pelajaran      : Geografi
Kelas / Semester      : X / 2
Pertemuan                : 4
Alokasi Waktu         : 1 x 45 menit
Standar Kompetensi :
Menganalisis unsur-unsur geoster.
Kompetensi Dasar :
Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.
Indikator        =    Mengungkapkan kembali ciri lapisan atmosfer dan                                                       pemanfaatannya.
                              =                      Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim (penyinaran, suhu, angin, awan, kelembaban, curah hujan)
                        =    Menganalisis faktor yang mempengaruhi penyinaran matahari.
                              = Menghitung suhu udara, tekanan udara, kelembaban udara, kecepatan angin dengan rumus.
                        =    Menyajikan informasi tentang caurah hujan di Indonesia.
 

I.    Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat menyebutkan ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya.
2.         Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur cuaca dan iklim
6.     Siswa dapat menjelsakan unsur-unsur cuaca dan iklim.
7.     Siswa dapat mengamati dinamika unsur cuaca dan iklim.
8.     siswa dapat mengamati perbedaan penyinaran matahari pada pagi dan siang hari.
9.     Siswa dapat menghitung suhu, tekanan, kelembapan, kecepatan angin dengan rumus.
10.  Siswa dapat menyebutkan persebaran curah hujan di Indonesia.
II.                                             Materi Ajar    = Atmosfer
III.                                                                   Metode Pengajaran
1.         Ceramah bervariasi
2.         Diskusi Singkat
IV.                                                                   Langkah Pembelajaran
A. Pertemuan 1.
            1. Pendahuluan  : Motivasi dan Appersepsi
Membuka blog Geografi dengan memberikan E-Mail dan masuk ke blog http://Geographyyes.blogspot.com dan mencari di internet
·       1.http://image.google.co.id 
·       3.http://enso.unl.edu/ndmc/climate/clima-tol.htm
·       2.http:// www.e-dukasi.net
.     4. http://www.worldbook.com/fun/atw/climates/climates.htm
            2.  Kegiatan Pokok
            a. Kegiatan Individu
-     Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-     Siswa dapat menjelaskan “INTRODUCTION GEOGRAPHY”
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang . “INTRODUCTION GEOGRAPHY
                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
            -           Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
                  -           Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
                  -           Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
                  -           Guru membuat kesimpulan
                 
                  Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
·       Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
·       Peserta didik membagi empat kelompok,
·       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
·       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
·       Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
·       Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
·       Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·       Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Penilaian.
·         Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama    karya seni rupa terapan.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
·         Berdoa.
·         Keluar kelas dengan tertib pada waktunya

3.         Kegiatan Akhir
            -     Membuat rangkuman
            -     Presentasi hasil diskusi.
B. Pertemuan 2.        
1.         Pendahuluan
            Motivasi dan Appersepsi
2.         Kegiatan Pokok
            a. Kegiatan Individu
-     Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-     Siswa dapat menjelaskan “INTRODUCTION GEOGRAPHY”
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang . “INTRODUCTION GEOGRAPHY
                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
            -           Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
                  -           Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
                  -           Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
                  -           Guru membuat kesimpulan
                 
                  Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
·       Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
·       Peserta didik membagi empat kelompok,
·       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
·       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
·       Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
·       Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
·       Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·       Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Penilaian.
·         Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama    karya seni rupa terapan.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
·         Berdoa.
·         Keluar kelas dengan tertib pada waktunya

3.         Kegiatan Akhir
            -     Membuat rangkuman
            -     Presentasi hasil diskusi.
\
V.                                                                     Sumber Belajar
1.     Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2.     K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3.     Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
4.     GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
5.     Sumadi Sutrijat  Geografi 1 (buku paket).
VI.  Penilaian
a.                          Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan.dan memberikan komentar pada blog “GEOGRAPHYYES
b.                         Butir soal.
1.     Sebut dan berikan cirinya 4 lapisan atmosfer !
2.     Sebutkan 3 unsur iklim dan cuaca !
3.     Apa perbedaan antara kelembapan mutlak dan kelembapan absolut !
Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo

Nikmah Nurbaity,SPd.MPd.
196801151993032005
Purworejo, 15 JANUARI  2012
Guru mata pelajaran

Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model : Contextual Teaching and Learning (CTL)
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
Berbasis (TIK)
(Steven &Slavin 1995)

Materi Pelajaran      : Geografi
Kelas / Semester      : X / 2
Pertemuan                : 5
Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Menganalisis unsur-unsur geografi
Kompetensi Dasar
Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.
Indikator        =    Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim
                              =                      Mengidentifikasi dasar-dasar pembagian iklim dari berbagai pakar.
                              =                      Menunjukkan peta dunia persebaran negara-negara dan jenis iklimnya.
                              =                      Menentukan jenis iklim berdasarkan tipe iklim Schmidt Ferguson
                              =                      Mengidentifikasi faktor-faktor terjadinya pemanasan global ( El Nino dan Nino)
 

I.    Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat menyebutkan tipe iklim.
2.         Siswa dapat menjelaskan dasar-dasar pembagian iklim dari berbagai faktor.
3.   Siswa dapat menunjukkan persebaran iklim negara-negara didunia melalui peta.
4.         Siswa dapat menentukan jenis iklim berdasar Scmidt Ferguson.
5. Siswa dapat menjelaskan proses terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nino)
II.                                                                      Materi Ajar          = Atmosfer  
III.                                                                   Metode Pengajaran
1.         Ceramah bervariasi
2.         Tanya jawab
IV.                                                                   Langkah Pembelajaran
1.         Pertemuan 1.   1.   Pendahuluan
                                          Motivasi dan Appersepsi dan berdoa
Membuka blog Geografi dengan memberikan E-Mail dan masuk ke blog http://Geographyyes.blogspot.com dan mencari di internet 1.http://image.google.co.id
 2.http:// www.e-dukasi.net
2.         Kegiatan Pokok
            a. Kegiatan Individu
-     Siswa mengemukan definisi geografi dari bahan referensi dari geografi  bilingual 1 secara mandiri.
-     Siswa dapat menjelaskan “INTRODUCTION GEOGRAPHY”
            -     Informasi mengenai  PERKEMBANGAN GEOGRAFI.
                  -     Tanya jawab tentang . “INTRODUCTION GEOGRAPHY
                  b. Kegiatan kelompok  (di Lab. Bahasa / multy media ):
            -           Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara berderet dengan cara mengoperasikan komputer (all listen).
                  -     Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran
                  -     Guru menyampaikan kata-kata sulit untuk membantu siswa
                  -           Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap apa yang ditampilkan dan ditulis pada lembar kertas
                  -           Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
                  -           Guru membuat kesimpulan
                 
                  Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi :
·       Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil :dari blog geografi :hht://geographyyes.blogspot.com,- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan meliputi pembuatan dengan power point
Kegiatan Elaborasi
·       Peserta didik membagi empat kelompok,
·       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota dan membuat kesimpulan
·       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
·       Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok lain memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
·       Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan dengan hasil presentasi dan tanggapan kelompok lain.
·       Guru  memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·       Mendiskusikan hasil kelompok.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Penilaian.
·         Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni disekelilingnya  terutama    karya seni rupa terapan.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di rumah:mengumpulkan mengerjakan tugas dari lks,download dsb.   
·         Berdoa.
·         Keluar kelas dengan tertib pada waktunya

3.         Kegiatan Akhir
            -     Membuat rangkuman
            -     Presentasi hasil diskusi
-     Peberian tugas
2.         Pertemuan 2.   1.   Pendahuluan
                                          Motivasi dan Appersepsi
                                    2.   Kegiatan Pokok
-     Melalui peta, siswa menunjukkan jenis iklim negara-negara didunia.
-     Informasi tentang pemanasan global.
                                    3.   Kegiatan Akhir
-     Membuat rangkuman
-     Peberian tugas
V.                                                                     Sumber Belajar
1.     Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2.     K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3.     Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
4.     GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
5.     Sumadi Sutrijat  Geografi 1 (buku paket). 1999
VI.                                                                   Penilaian
a.                          Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan.
b.                         Butir soal.
1.     Sebut dan jelaskan tipe iklim menurut matahari, Junghun, Schmith Ferguson !
2.     Sebutkan 10 negara di dunia beserta persebaran iklimnya !
3.     Apa dasar pembentukan iklim Schmith Ferguson !
Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity,SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 15 JANUARI  2012
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model : Contextual Teaching and Learning (CTL)
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
Berbasis (TIK)
(Steven &Slavin 1995)


Materi Pelajaran      : Geografi
Kelas / Semester      : X / 2
Pertemuan                : 5
Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar
Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.

Indikator         =    Mengidentifikasi unsur-unsur utama siklus Hidrologi.
                        =    Mengidentifikasi berbagai jenis perairan darat
                        =    Menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya.
                        =    Mengidentifikasi ciri-ciri sungai menurut profil memanjang.
                        =    Mengklasifikasi jenis pola aliran sungai.
                        =    Mendiskripsikan daerah aliran sungai.
                        =    Menganalisis faktor penyebab kerusakan DAS.
                        =    Merumuskan upaya pelestarian DAS.
                        =    Mendiskripsikan proses terjadinya danau sentani di Papua.
                        =    Mendiskripsikan manfaat rawa bagi kehidupan.
 

I.    Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat menjelaskan siklus hidrologi.
2.         Siswa dapat menentukan jenis perairan darat.
3.         Siswa dapat menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya.
4.         Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri sungai menurut profil memanjang.
5. Siswa dapat menjelaskan pola aliran sungai.
6. Siswa dapat menjelaskan pengertian DAS.
7. Siswa dapat menyebutkan faktor penyebab kerusakan DAS.
8. Siswa dapat menyebutkan upaya pelestarian DAS.
9. Saswa dapat menjelaskan proses terjadinya danau Sentani.
10. Siswa dapat menjelaskan manfaat rawa bagi kehidupan.
 Materi Ajar    = Hidrosfer
1.     Siklus Hidrologi
2.     Perairan darat
III. Metode Pengajaran
1.         Ceramah bervariasi
2.         Diskusi Singkat

IV. Langkah Pembelajaran
1.         Pertemuan    1.   1.   Pendahuluan
                                             Motivasi dan Appersepsi
Membuka blog Geografi dengan memberikan E-Mail dan masuk ke blog http://Geographyyes.blogspot.com dan mencari di internet 1.http://image.google.co.id
2.http:// www.e-dukasi.net

                                       2.   Kegiatan Pokok
-     Informasi tentang siklus hidrologi
-     Siswa menemukan dalam referensi jenis perairan darat.
-     Informasi tentang air tanah
                                       3.   Kegiatan Akhir
-     Membuat rangkuman
-     Penugasan
2.         Pertemuan    2.   1.   Pendahuluan
                                             Motivasi dan Appersepsi
                                       2.   Kegiatan Pokok
-     Diskusi singkat siswa mencari ciri-ciri sungai menurut profil memanjang.
-     Informasi tentang pola aliran sungai
-     Tanya jawab tentang pengertian DAS dan faktor penyebab kerusakan DAS.
                                       3.   Kegiatan Akhir
-     Membuat rangkuman
-     Penugasan
3.         Pertemuan    3.   1.   Pendahuluan
                                             Motivasi dan Appersepsi
                                       2.   Kegiatan Pokok
-     Diskusi tentang upaya pelestarian DAS manfaat rawa bagi kehidupan.
-     Informasi tentang proses terjadinya danau Sentani di Papua.
                                       3.   Kegiatan Akhir
-     Membuat rangkuman
-     Test lisan
V.         Sumber Belajar
1.     Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2.     K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3.     Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
4.     GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
5.     Sumadi Sutrijat  Geografi 1 (
VI.                                                                                                                Penilaian
a.                                                                  Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan.
b.         Butir soal.
1.               Jelaskan tentang siklus hidrologi !
2.     Sebutkan yang termasuk perairan darat !
3.     Jelaskan mengenai bentuk morfologi laut !
4.     Faktor apa sajakah yang mempengaruhi besar kecilnya kadar garam       dilaut !
5.     Sebutkan upaya pelestarian DAS dan rawa !

Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity,SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 15 JANUARI  2012
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model : Contextual Teaching and Learning (CTL)
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
Berbasis (TIK)
(Steven &Slavin 1995)


Materi Pelajaran      : Geografi
Kelas / Semester      : X / 2
Pertemuan                : 6
Alokasi Waktu         : 3 x 45 menit

Standar Kompetensi
Menganalisis unsur-unsur geosfer

Kompetensi Dasar
Menganalisis Hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi

Indikator         =    Menjelaskan perbedaan pantai dan pesisir
                              =                      Menjelaskan perbedaan proses terjadinya dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul
                              =                      Mengklasifikasikan jenis-jenis laut berdasarkan letak kedalaman dan wilayah kekuasaan
                        =    Menunjukkan bentuk-bentuk morfologi laut.
                        =    Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya gelombang.
                        =    Menunjukkan pada peta dunia latak arus laut didunia.
                        =    Menjelaskan Perbedaan pasang naik dan pasang surut
                              =                      Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perbedaan kadar garam di laut.
                              =                      Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan warna air laut.
 

I.    Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat menjelaskan perbedaan pantai dan pesisir.
2.   Siswa dapat menjelaskan proses terjadinya dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.
3.   Siswa dapat menyebutkan jenis laut berdasarkan letak, kedalaman dan wilayah kekuasaan.
6.     Siswa dapat menjelaskan bentuk morfologi laut.
7.     Siswa dapat menyebutkan faktor penyebab terjadinya gelombang.
8.     Siswa dapat menunjukkan pada peta dunia, arus laut didunia.
9.     Siswa dapat menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut.
10.  Siswa dapat menyebutkan faktor penyebab perbedaan kadar garam di laut.
11.  Siswa dapat menyebutkan faktor yang menyebabkan perbedaan warna air laut.

II.                                                                      Materi Ajar           = Hidrosfer
                              - Perairan laut.
                             
III.                                                                    Metode Pengajaran
1.         Ceramah bervariasi
2.         Diskusi Singkat

IV.                                                                   Langkah Pembelajaran
1.         Pertemuan 1.   1.   Pendahuluan
                                          Motivasi dan Appersepsi
                                    2.   Kegiatan Pokok
-                                               Diskusi singkat perbedaan pantai dan pesisir.
-     Informasi tentang proses terjadinya dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.
-                                               Informasi tentang laut.
                                    3.   Kegiatan Akhir
-           Membuat rangkuman
-           Penugasan
2.         Pertemuan 2.   1.   Pendahuluan
                                          Motivasi dan Appersepsi
                                    2.   Kegiatan Pokok
-     Guru menjelaskan tentang bentuk morfologi laut, terjadinya gelombang dan arus.
-     Siswa menunjukkan pada peta dunia persebaran arus di dunia.
-                                               Informasi tentang laut.
                                    3.   Penutup
-           Membuat rangkuman
3.         Pertemuan 3.   1.   Pendahuluan
                                          Motivasi dan Appersepsi
                                    2.   Kegiatan Pokok
-     Siswa menemukan sendiri pada referensi perbedaan pasang naik dan pasang surut faktor penyebab perbedaan warna laut.
-     Guru menjelaskan tentang salinitas
-                                               Informasi tentang laut.
                                    3.   Kegiatan Akhir
-           Membuat rangkuman
-           Penugasan

V.                                                                     Sumber Belajar
1.     Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2.     K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3.     Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.
4.     GATOT HARMANTO Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
5.     Sumadi Sutrijat  Geografi 1 (buku paket). 1999
VI.                                                                   Penilaian
a.                                                                  Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan.
b.     Butir soal.
1.     Jelaskan proses terjadinya dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul !
2.     Berdasarkan wilayah kekuasaan, sebutkan pebagian laut !
3.     Apa yang dimaksud dengan :
a.                               Ambang laut
b.                              Palung laut
c.                               Lubuk laut
6.     Sebutkan 3 faktor penyebab perbedaan warna laut !
7.     Sebut dan jelaskan 3 faktor yang mempengaruhi salinitas !
Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity,SPd.MPd
NIP. 196801151993032005
Purworejo, 15 JANUARI  2012
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001