Jumat, 14 Januari 2011

Hidrosfer

Hidrosfer adalah lapisan air yang ada di permukaan bumi. Kata hidrosfer berasal dari kata hidros yang berarti air dan sphere yang berarti l... thumbnail 1 summary
Hidrosfer adalah lapisan air yang ada di permukaan bumi. Kata hidrosfer berasal dari kata hidros yang berarti air dan sphere yang berarti lapisan. Hidrosfer di permukaan bumi meliputi danau, sungai, laut, lautan, salju atau gletser, air tanah dan uap air yang terdapat di lapisan udara.
Siklus hidrologi

Siklus hidrologi adalah suatu proses peredaran atau daur ulang air secara yang berurutan secara terus-menerus. Pemanasan sinar matahari menjadi pengaruh pada siklus hidrologi. Air di seluruh permukaan bumi akan menguap bila terkena sinar matahari. Pada ketinggian tertentu ketika temperatur semakin turun uap air akan mengalami kondensasi dan berubah menjadi titik-titik air dan jatuh sebagai hujan.

Siklus hidrologi dibedakan menjadi tiga, yaitu siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang.
Siklus pendek

Dalam siklus pendek, air laut mengalami pemanasan dan menguap menjadi uap air.Pada ketinggian tertentu uap air mengalami kondensasi menjadi awan. Bila butir-butir embun air itu cukup jenuh dengan uap air, hujan akan turun di atas permukaan laut.
Siklus sedang

Pada siklus sedang, uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin menuju ke daratan. Di daratan uap air membentuk awan yang akhirnya jatuh sebagai hujan di atas daratan. Air hujan tersebut akan mengalir melalui sungai-sungai, selokan dan sebagainya hingga kembali lagi ke laut.
Siklus panjang

Pada siklus panjang, uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin ke atas daratan. Adanya pendinginan yang mencapai titik beku pada ketinggian tertentu, membuat terbentuknya awan yang mengandung kristal es. Awan tersebut menurunkan hujan es atau salju di pegunungan. Di permukaan bumi es mengalir dalam bentuk gletser, masuk ke sungai dan selanjutnya kembali ke lautan.
Hidrosfer di muka bumi selanjutnya akan dikelompokkan menjadi dua, yaitu perairan darat dan perairan laut.
[sunting] Perairan di daratan

14 komentar

  1. di siklus sedang dan pamjang seharusnya juga dijelaskan mengenai infiltrasi dan traspirasi

    BalasHapus
  2. sebaiknya dijelaskan siklus sedang tersebut itu seperti apa

    BalasHapus
  3. perairan darat itu seperti apa contohnya

    BalasHapus
  4. sebaiknya dijelaskan siklus panjang dan apa yang termasuk dalam siklus panjang?

    BalasHapus
  5. apa penjelasan dari siklus pendek?

    BalasHapus
  6. maksud dari kondensasi pada siklus pendek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondensasi atau pengembunan adalah perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti gas (atau uap) menjadi cairan.

      jadies x ips 2

      Hapus
  7. contoh dari perairan laut apa?

    BalasHapus
  8. sebaiknya diberika gambar siklus hidrologi

    BalasHapus
  9. siklus pemdek adalah proses evaporasi air laut dan persipitasinya terjadi di atas permukaan laut.
    SIKLUS SEDANG adalah proses evaporasi air laut lalu mengalami kondensasi serta adveksi oleh angin ke daratan ,kemudian persipitasi terjadi di daratan (dataran rendah) pada siklus ini juga terjadi transprasi oleh tumbuhan di daratan ,serta dapat terjadi pula infiltrasi ke permukan tanah.
    SIKLUS PANJANG ,siklus ini terjadi evaporasi air laut kemudian adveksi ke dataran tinggi dan mengkondensasi kemudian persipitasi .Air turun ke permukaan terjadi infiltrasi menjadi air tanah dan dapat pula terjadi perlokasi di permukaan tanah.Transpirasi juga dapat terjadi di siklus ini.Air kembali ke laut dari dalam maupun permukaan tanah.

    Isnaeni Nr HIdayah
    X ips 2

    BalasHapus
  10. sebaiknya jga dijelaskan dengan gambar agar lebih jelas

    BalasHapus
  11. sudah baik, tetapi mengenai siklus hidrologi pendek,sedang,dan panjang lebih terperinci lagi.dan kalau bisa disertakan pula contoh bagaimana siklus tersebut terjadi,biar kita lebih memahaminya.

    BalasHapus
  12. jelaskan tntang kondensasi!

    BalasHapus
  13. seharusnya pada siklus hidroloogi diserti gambar

    BalasHapus