Sabtu, 15 Januari 2011

MINERAL PEMBENTUK BATUAN

YANG PERLU DIKETAHUI UNSUR UNSUR DIDALAM KERAK BUMI MERUPAKAN SENYAWA KIMIA YANG DISEBUT MINERAL SEHINGGA BATUAN MERUPAKAN KUMPULAN ALAMIAH DARI MINERAL DAN BATUAN INI ADALAH SEBAGAI PENYUSUN KULIT BUMI.BATUAN YANG BERBEDA TERSUSUN OLEH MINERAL YANG BERBEDA,BATUAN YANG BERBEDA TERBENTUK DENGAN CARA/PROSES YANG BERBEDAINI DITUNJUKKAN OLEH STRUKTUR DAN TEKTUR SEHINGGA UNTUK MENGENAL BATUAN ATAU UNTUK MEMBEDAKAN BATUAN KITA HARUS MENGENAL MINERAL,STRUKTUR DAN TEKTUR
Tugas : Cari informasi tentang BATUAN dan MINERAL PENYUSUN BATUAN

2 komentar:

  1. Tanah (bahasa Yunani: pedon; bahasa Latin: solum) adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik.

    Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar.Tanah berasal dari pelapukan batuan dengan bantuan organisme, membentuk tubuh unik yang menutupi batuan. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai [[pedogenesis]]. Proses yang unik ini membentuk tanah sebagai tubuh alam yang terdiri atas lapisan-lapisan atau disebut sebagai horizon tanah. Setiap horizon menceritakan mengenai asal dan proses-proses fisika, kimia, dan biologi yang telah dilalui tubuh tanah tersebut.

    BalasHapus
  2. korundum (dari Bahasa Tamil: kurundam) adalah kristal aluminium oksida dan merupakan salah satu mineral pembentuk batuan. Secara alami mineral ini jernih, tapi dapat memiliki warna yang berbeda dengan adanya zat pengotor. Spesimen yang transparan digunakan sebagai batu permata, yang disebut rubi jika berwarna merah dan safir jika berwarna selain merah. Selain kekerasannya, korundum dikenal karena densitasnya yang tinggi (4,02 g/cm³), yang sangat tinggi untuk suatu mineral transparan yang tersusun dari unsur ber-massa atom rendah aluminium dan oksigen.

    BalasHapus