Minggu, 20 Februari 2011

karst (daerah kapur)

Pada daerah kapur banyak fenomena alam yang dapat dilihat misanya danau karst yaitu danau yang terjadi didaerah kapur.Danau tersebut terbent... thumbnail 1 summary
Pada daerah kapur banyak fenomena alam yang dapat dilihat misanya danau karst yaitu danau yang terjadi didaerah kapur.Danau tersebut terbentuk akiabat proses pelarutan batuan kapur oleh air hujan.Ukuran danau tersebut tidak begitu besar,contohnya danau-danau di Kab.Gunung Kidul Yogyakarta.Danau tersebut dengan macam-macam bentuk misalnya :Dolena,Uvala,Lokva dsb. Tugas :Cari keterangan tersebut

4 komentar

  1. Ciri bebatuan kapur sistem karst, antara lain banyak ditemukan sungai bawah tanah dan sumber mata air di kawasan itu. Penambangan skala besar di wilayah itu justru akan mengakibatkan dampak kerusakan luar biasa bagi lingkungan.

    BalasHapus
  2. herliena X3

    Di daerah kapur biasanya terdapat celah-celah atau
    alur-alur sebagai akibat pelarutan oleh air hujan.
    Gejala ini terdapat di daerah kapur yang tanahnya
    dangkal. Pada perpotongan celah-celah ini
    biasanya terdapat lubang kecil yang disebut karren.

    BalasHapus
  3. Danau kapur yang tidak terlalu luas disebut lokva (dolina). Beberapa buah lokva atau dolina ini dapat berkembang menjadi satu membentuk danau kapur yang lebih besar yang bentuknya seperti piring disebut uvala.

    aditya candra X IPS 2

    BalasHapus
  4. Pengertian Karst secara luas adalah bentuk bentang alam khas yang terjadi akibat proses pelarutan pada suatu kawasan batuan karbonat atau batuan mudah terlarut (umumnya formasi batu gamping) sehingga menghasilkan berbagai bentuk permukaan bumi yang unik dan menarik dengan ciri-ciri khas exokarst (di atas permukaan) dan indokarst (di bawah permukaan).

    BalasHapus