Selasa, 08 Februari 2011

RAIN (hujan)

Rain is the falling of water drops from atmosphere to earths surface in the form of liquid,solid or gas.The occurance proces of rain is begu... thumbnail 1 summary
Rain is the falling of water drops from atmosphere to earths surface in the form of liquid,solid or gas.The occurance proces of rain is begun by condensation process namely the phenomenon of change of water vapor to be water drop.Those water drops fly in air and gather becomes larger and heavier form. Collection of water drops in air is called cloud. TUGAS : APA YANG KAMU KETAHUI TENTANG AWAN ITU ? APA BEDANYA DENGAN KABUT (FOG)
Tidak dapat diabaikan peranan awan sebagai unsur cuaca.Orang melukiskan cuaca pada suatu saat ialah dengan melukiskan keberadaan awan dilangit. Tugas :Coba kamu cari gambar awan berdasarkan bentuk dan ketinggian serta berikan ciri-cirinya mana yang menyebabkan hujan. lalu kamu keluar kelas dan lihat ke langit awan apakah yang sedang terbentuk. TUGAS : JELASKAN PROSES TERJADINYA HUJAN BAIK DALAM BENTUK CAIR,PADAT ATAU GAS.

3 komentar


  1. Awan terbentuk dari penguapan perairan karena terkena panas matahari yang kemudian mengumpul di atmosfer (troposfer).

    Asap adalah uap yg dapat terlihat yg dihasilkan dr pembakaran.

    Kabut adalah uap air sbg hasil kondensasi yg masih dekat dng tanah yg terjadi krn peristiwa pemanasan atau pendinginan udara, biasanya menyebabkan jarak pandang di permukaan bumi berkurang. Kondensasi terjadi ketika uap didinginkan menjadi cairan, tetapi dapat juga terjadi bila sebuah uap dikompresi (yaitu, tekanan ditingkatkan) menjadi cairan, atau mengalami kombinasi dari pendinginan dan kompresi.


    Apa Persamaan Kabut, Awan, dan Asap?
    Kabut, asap, dan asap merupakan uap dan termasuk sebagai wujud benda gas.


    Apakah kabut dan embun itu sama?




    Kadang ada orang yang menyamakan antara kabut dengan embun. Kabut berbeda dengan embun. Embun adalah titik-titik air yg jatuh dr udara (terutama pd malam hari). Embun adalah uap yg menjadi titik-titik air. Embun merupakan endapan tetes air yg terdapat pd benda dekat atau di permukaan tanah yg terbentuk akibat pengembunan uap air dr udara di sekitarnya. Embun biasanya muncul di pagi hari, di sela-sela kaca jendela atau di balik daun. Dari penjelasan tersebut tampak bahwa embun dan kabut berbeda. Embun lebih mengarah ke wujud benda cair.

    ADITYA CANDRA X IPS 2

    BalasHapus
  2. Salju

    Salju, adalah hujan dalam bentuk kristal-kristal es. Sebagian terbesar dari kristal es ini bercabang yang kadang-kadang berbentuk seperti bintang. Kelompok dari kristal-kristal es ini disebut keping salju. Kristal-kristal es juga bisa berbentuk seperti jarum, butiran atau lempengan dan disebut sebagai prisma-prisma es. Prisma es ini sering sedemikian kecilnya sehingga seolah melayang di udara.

    ADITYA CANDRA X IPS 2

    BalasHapus
  3. HUJAN DALAM BENTUK GAS DAPAT BERUPA HUJAN ASAM

    Proses terbentuknya hujan asam

    Pada proses terbentuknya hujan asam, evaporasi dan transpirasi berlangsung seperti pada siklus air yang biasanya. Uap air hasil evaporasi dan transpirasi ini juga akan naik ke atmosfer. Namun karena adanya pencemaran udara oleh gas NOx dan SO2, uap air kemudian bereaksi dengan gas NOx dan SO2 membentuk asam nitrat (HNO3) dan asam sulfat (H2SO4). Asam-asam ini kemudian bergabung dengan uap air membentuk awan. Awan yang mengandung asam ini akan berkumpul awan-awan lain hingga terjadi presipitasi. Presipitasi yang terjadi inilah yang disebut dengan hujan asam.

    BalasHapus