Minggu, 08 Januari 2012

TENAGA ENDOGEN

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Mungkin saja di suatu daerah dulunya permukaan bumi rata (datar) tetapi akibat tenaga endogen ini berubah menjadi gunung, bukit atau pegunungan. Pada bagian lain permukaan bumi turun menjadikan adanya lembah atau jurang. Secara umum tenaga endogen dibagi dalam tiga jenis yaitu tektonisme, vulkanisme, dan seisme atau gempa.
JELASKAN TENTANG TENAGA ENDOGEN TERSEBUT

4 komentar:

  1. nama :Kusuma Dewa
    no :17
    kelas:x6

    Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Mungkin saja di suatu daerah dulunya permukaan bumi rata (datar) tetapi akibat tenaga endogen ini berubah menjadi gunung, bukit atau pegunungan. Pada bagian lain permukaan bumi turun menjadikan adanya lembah atau jurang. Secara umum tenaga endogen dibagi dalam tiga jenis yaitu tektonisme, vulkanisme, dan seisme atau gempa

    BalasHapus
  2. nama :Yusuf Rudi Wibowo
    kelas:x6
    no :30

    Tenaga Endogen
    Tenaga endogen adalah tenaga pengubah muka Bumi yang berasal dari dalam Bumi.Tenaga endogen merupakan kekuatan yang mendorong terjadinya pergerakan kerak Bumi.Pergerakan ini disebut diastropisme.
    Adanya tenaga endogen dapat menyebabkan terjadinya pergeseran kerak bumi. Pergeseran kerak bumi akan menjadikan permukaan bumi berbentuk cembung, seperti pegunungan atau gunung-gunung berapi, sertaberbentuk cekung, seperti laut dan danau

    BalasHapus
  3. NAMA : ANSELMA CARLA
    NO : 05
    KELAS: X-6

    TENAGA ENDOGEN
    TENAGA ENDOGEN adalah suatu tenaga pembentuk permukaan bumi yang berasal dari dalam bumi. Sifat dari tenaga ini sendiri adalah merubah permukaan bumi menjadi tidak rata. Tenaga endogen ada 3 jenis yaitu: tektonisme, vulkanisme, dan seisme (gempa bumi).
    1.Tektonisme adalah tenaga endogen yang dapat melakukan letak patahan dan retakan pada kulit batuan. Tektonisme dibagi menjadi 2 yaitu orogenetik dan epirogenetik.
    2. Vulkanisme adalah perubahan permukaan bumi yang dibentuk oleh letusan gunung berapi.
    3. Seisme (gempa bumi) terjadi akibat pergeseran lempengan bumi yang akan menyebabkan patahan-patahan di permukaan bumi.
    Penyebab yang terjadi akibat tenaga endogen:
    1. perubahan letak patahan dan retakan kulit bumi dan batuan.
    2. terbentuknya lipatan.
    3. berubahnya struktur geologi bawah permukaan.

    BalasHapus
  4. Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Mungkin saja di suatu daerah dulunya permukaan bumi rata (datar) tetapi akibat tenaga endogen ini berubah menjadi gunung, bukit atau pegunungan. Pada bagian lain permukaan bumi turun menjadikan adanya lembah atau jurang. Secara umum tenaga endogen dibagi dalam tiga jenis yaitu tektonisme, vulkanisme, dan seisme atau gempa.

    BalasHapus