Jumat, 14 Januari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Model : Contextual Teaching and Learning (CTL) COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) KOO... thumbnail 1 summary
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model : Contextual Teaching and Learning (CTL)
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
Berbasis (TIK)
(Steven &Slavin 1995)


Materi Pelajaran : Geografi
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi
Menganalisis unsur-unsur geosfer.

Kompetensi Dasar
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimukabumi

Indikator = Mengidentifikasi jenis-jenis bantuan pembentuk lapisan kulit bumi.
= Mengklasifikasikan tenaga pengubah bentuk muka bumi.
= Menunjukkan bentuk-bentuk intrusi magma.
= Mendiskripsikan tentang erupsi, tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung merapi.
= Memaparkan tentang proses terjadinya gempa bumi / tsunami.
= Mencari tentang bumi,lithosphere,pedosphere dan gambarnya dari
INTERNET
= Mengunduh tentang bumi,lithosfer,pedosphere dan gambarnya da
Ri INTERNET


I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan jenis bantuan pembentuk lapisan kulit bumi.
2. Siswa dapat menyebutkan tenaga pengubah bentuk muka bumi.
3. Siswa dapat menunjukkan bentuk-bentuk intruksi magma.
4. Siswa dapat menjelaskan tentang erupsi tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung berapi.
5. Siswa dapat menjelaskan proses terjadinya gempa bumi.


II. Materi Ajar = Lithosfer = Tektonisme
= Tenaga endogen = Vulkanisme
= Struktur lapisan kulit bumi. = Seisme
= Tenaga eksogen : pelapukan,erosi,mass washting


III. Metode Pengajaran
1. Ceramah bervariasi cara menggunakan computer dan internet


IV. Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1. a. Pendahuluan
Motivasi dan Appersepsi
Membuka blog Geografi dengan memberikan E-Mail dan masuk ke blog http://Geographyyes.blogspot.com dan mencari di internet 1.http://image.google.co.id 2.http:// www.e-dukasi.net
b. Kegiatan Pokok
- Siswa menemukan batuan pembentuk muka bumi dari referensi secara mandiri sebagai kegiatan ELABORASI.
- Informasi tentang batuan beku, batuan sedimen, batuan metamort.sebagai kegiatan EKPLORASI dengan membuka “WIKEPEDIA “ tentng Batuan (yang berwarna untuk selalu dibuka dan disusun kedalam “W”)
c. Kegiatan Akhir
- Membuat rangkuman dari kegiatan diaas dalam bentuk pad “W’ atau pada catatan
- Peberian tugas dengan menjawab perintah soal pada blok atau pada buku catatan
Pertemuan 2. Melihat situasi dan kondisi untuk melanjutkan seperti kegiatan yang lalu :
a.otivasi dan Appersepsi
b. Kegiatan Pokok
- Informasi tentang tenaga pengubah bentuk muka bumi.
- Tanya jawab tentang bentuk intruksi magma.
- Siswa mencari dan menemukan tipe letusan erupsi dan bahan yang dikeluarkan dari gunung berapi dari bahan referensi.
c. Kegiatan Akhir
- Membuat rangkuman
- Peberian tugas


V. Sumber Belajar
1. Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2. K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.





VI. Penilaian
a. Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan. Dengan membuka internet
b. Butir soal.
1. Jelaskan apa perbedaan antar baku beku, batu sedimen dan batu metamort !
2. Sebutkan 3 tenaga pengubah bentuk muka bumi !
3. Sebutkan bentuk intrusi magma !
4. Apa saja bahan yang dikeluarkan dari letusan gunung berapi !
5. Sebut dan jelaskan tipe letusan !


Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity,SPd.MPd
NIP. 196801151993032005 Purworejo, 15 Januari 2011
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001


Sekenario Pembelajaran
1. Memasuki labolatorium bahasa/ lab multimedia sesuai nomor urut.
2. Memberi petunjuk penggunaan alat pembelajaran di lab. Bahasa/Multimedia dengan cara
a.Siswa dipersilahkan memakai Head Phone dengan pedoman micropone disebelah kiri,volome pada pada kabel dan meja
Sedang pada lab multimedia personal komputer dengan panel hard were ada dibelakang
b. Siswa diberi petunjuk jika bertasnya menekan tombol (merah)
3. Guru menampilkan presentasi sesuai pokok bahasan dan indikator yang ingin dicapai dengan cara :
c. Membuka file dan mengaktifkan peralatan supaya terhubung( conect:
All listen : semua mendengarkan dari guru
All listen random talk : semua yang dipilih muncul tanda ON, bisa mendengar dan berkomunikasi dengan guru dua arah atau lebih.
All talk : semua bisa mendengar dan bisa berbicara
d. Guru menampilan presentasinya, sesuai kooperatif terpadu membaca dan menulis.
Sedang di lab multimrdia dengan membuka atau mengunduh dari internet
4. Problem :
S : Jika siswa bertanya terdapat kata-kata yang sulit.
G : menunjuk pada kata itu dengan di blok > copy > paste. Pada New slide lalu menterjemahkan maksudnya.
5. Guru menyiapkan perbendaharaan kata (glosariumnya).
6. Anak membaca dan lain mendegarkan pada headphone, (All talk)
7. Membuat rikasan dari presentasi dengan cara :
- menandai di lembar kerja siswa/buu referensi

Hambatan :
1. siswa belum terbisa mendengarkan bahasa inggris, dan guru masih kurang dalam berbahasa inggris.
2. siswa kurang bisa mengerti apa yangb diucapkan sehingga siswa kesulitan menuliskan terjemahannya.
3. layar presentasi kurang lebar yang ada di lab bahasa.
4. check headset














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Materi Pelajaran : Geografi
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi
Menganalisis unsur-unsur geosfer.

Kompetensi Dasar
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan lithosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi.

Indikator = Mendiskripsikan pengaruh tenaga eksogen terhadap bentu rupa bumi.
= Membedakan jenis-jenis pelapukan
= Mengidentifikasi jenis pengikisan berdasarkan pelaku utama yang berbeda
= Mengklasifikasikan jenis-jenis pengendapan berdasarkan tenaga.
= Membuka internet
= Mengunduh
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan tenaga eksogen pengubah bentuk muka bumi.
2. Siswa dapat menjelaskan pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk rupa bumi.
3. Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis pelapukan.
b. Siswa dapat menyebutkan jenis pengikisan berdasar pelaku utama.

II. Materi Ajar = Tenaga eksogen
- Pelapukan
- Pengikisan
- Pengendapan




III. Metode Pengajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab

IV. Langkah Pembelajaran
A. Pertemuan 1. 1. Pendahuluan
Appersepsi dan Motivasi
2. Kegiatan Pokok
- Siswa mencari tenaga eksogen pengubah muka bumi pada referensi.
- Informasi tentang pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk rupa bumi
- Informasi jenis-jenis pelapukan.
3. Kegiatan Akhir
- Membuat rangkuman
- Penugasan
B. Pertemuan 2. 1. Pendahuluan
Motivasi dan Appersepsi
2. Kegiatan Pokok
- Siswa menemukan jenis pengikisan pada buku referensi.
- Informasi tentang jenis pengendapan.
3. Kegiatan Akhir
- Membuat rangkuman
- Penugasan

V. Sumber Belajar
1. Yusman Hestiyanto, Geografi 1, Yudhistira.
2. K. Wardiyatmoko, Geografi SMA, Erlangga.
3. Dr. H.A. Sudibyakto M.S, Geografi X, Cempaka Putih.


VI. Penilaian
a. Prosedur penilaian = test tertulis dan lisan.
b. Butir soal.
1. Sebutkan tenaga eksogen pengubah muka bumi !
2. Jelaskan 3 jenis pelapukan !
3. Sebut dan jelaskan jenis erosi !
4. Sebutkan jenis-jenis sedimentasi !
Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



Nikmah Nurbaity,SPd.MPd
NIP. 196801151993032005 Purworejo, 15 januari 2011
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001

Tidak ada komentar

Posting Komentar