Selasa, 01 Februari 2011

UNSUR-UNSUR CUACA DAN IKLIM

Setelah kamu dapat mengidentifikasi karakteristik lapisan lapisan atmosfer dan mengetahui proses yang terjadi di dalamnya, sekarang mari kita pelajari unsur-unsur yang membentuk CUACA DAN IKLIM.
CUACA mempengarui kehidupan manusia. Meskipun manusia mampu memperkirakan cuaca, tetapi tidak menjamin ketepatannya.Para nelayan tradisinal masih banyak bergantung pada cuaca saat akan melaut untuk mencari ikan.Para petani juga masih mengandalkan sinar matahari untuk menjemur padi hasil panen. BAGAIMANA CUACA SAAT INI DILINGKUNGAN SEKITARMU :cerah,panas,berawan atau hujan ? Apakah sama dengan hari kemarin? Kondisi cuaca berbeda beda pada tempat dan waktu yang berbeda.Perubahan cuaca terjadi setiap saat,mungkin sangat cerah pada hari,tetapi berawan dan berangin pada siang hari.
APAKAH CUACA SAMA DENGAN IKLIM..?
Cuaca dan Iklim mempunyai/memiliki unsur unsur dasar SAMA yang membentuknya. APA SAJA UNSUR-UNSUR CUACA DAN IKLIM YANG PENTING ? Coba sebutkan dan jelaskan !!
Perbedaanya terletak pada "waktu" dan "cakupan wilayah" COBA JELASKAN !

5 komentar:

  1. DIANA(09)x-2
    iklim adalah faktor yang sangat penting dalam proses pembentukan tanah.

    BalasHapus
  2. Herlina X-3

    Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim
    Cuaca adalah keadaan udara yang terjadi pada waktu dan daerah tertentu. Ilmu yang mempelajari cuaca adalah meteorologi. Biasanya cuaca dapat berubah-ubah tiap waktu.
    Iklim adalah keadaan cuaca rata-rata pada daerah yang luas dalam waktu yang lama. Ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut klimatologi. Iklim mempunyai sifat tetap, meliputi tempat yang luas, dan berlaku untuk waktu lama.
    Iklim dan cuaca terbentuk dari unsur yang sama, diantaranya adalah penyinaran matahari, suhu udara, kelembapan udara, tekanan udara, angin, awan, dan curah hujan.
    1. Penyinaran Matahari
    Penyinaran matahari dapat mengubah suhu dipermukaan bumi. Banyaknya jumlah panas yang dapat diterima oleh permukaan bumi tergantung pada lamanya penyinaran, kemiringan sudut datang sinar matahari ke bumi, keadaan awan, dan juga keadaan bumi itu sendiri.
    2. Suhu Udara
    Suhu udara adalah keadaan panas atau dinginnya udara. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu udara disebut termometer. Ada tiga macam skala yang digunakan, yaitu Celcius, Fahrenheit, dan Kelvin. Energi panas matahari tidak semuanya diserap akan tetapi ada sebagian yang dipantulkan kembali ke atmosfer. Dipermukaan bumi perbedaan suhu dari satu tempat dengan tempat lainnya dipengaruhi oleh ketinggian tempat dan letak lintang. Penurunan semacam itu dinamakan Gradien Temperatur Vertikal atau Lapse Rate. Berdasarkan letak astronomis suhu udara akn lebih tinggi didaerah sekitar ekuator. Garispada peta yang menghubungkan tempat yang memiliki suhu udara sama disebut isoterm.
    3. Kelembapan Udara
    Kelembapan udara adalah kandungan uap air dalam udara. Alat yang digunakan untuk mengukur kelembapan udra adalah higrometer. Kelembapan udara dibagi menjadi tiga macam, yaitu:
     Kelembapan Mutlak atau Absolut
    Kelembapan mutlak adalah kandungan jumlah uap air dalam 1 meter kubik udara.
     Kelembapan Nisbi
    Kelembapan nisbi adalah perbandingan antara tekanan uap air yang dikandung udara dengan jumlah maksimum uap air yang dapat dikandung udara pada tekanan dan temperatur tertentu yang dinyatakan dalam persen.
     Kelembapan Spesifik
    Kelembapan spesifik adalah perbandingan jumlah uap air yang ada dalam 1 kg udara.
    4. Tekanan Udara
    Udara merupakan benda gas yang mempunyai massa, dan volume. Oleh karena itu udara memiliki tekanan yang disebut tekanan udara. Besar kecilnya udara dapat diukur dengan menggunakan alat yang disebut barometer. Besar tekanan udara dinyatakan denganmilibar (mb). Ketinggian suatu temapat sangat mempengaruhi besarnya tekanan udara. Tekanan udara disuatu tempat juga dapat berubah karena dipengaruhi oleh suhu udara. Pemanasan radiasi matahadi menyebabkan pemuaian sehingga udara akan menjadi lebih ringan.

    5. Angin
    Udara yang bergerak dari daerah yang bertekanan udara tinggi ke tekanan udara yang rendah disebut dengan angin. Angin mempunyai kecepatan yang bergantung pada beda tekanan udara antara dua tempat. Semakin besar beda tekanannya, maka senakin besar kecepatannya. Alat yang digunakan untuk mengukur necepatan angin adalah anemometer. Angin juga memiliki arah, arah gerakan angin selain dipengaruhi oleh perbedaan tekanan, angin juga dipengaruhi oleh gerakan rotasi bumi yang menghasilkan gya coriolis dan gaya gesekan dengan permukaan bumi. Daerah Konvergasi Antar Tropik adalah suatu zona yang memilki suhu tertinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya, dan daerah ini merupakan daerah pertemuan dua angin pasat.

    BalasHapus